SAP TAB
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN TERAPI AKTIVITAS BERMAIN
Pokok Bahasan :
Terapi Bermain Pada Anak Di Rumah Sakit
Sub Pokok Bahasan : Terapi Barmain Anak
Usia Pre School
Tujuan :
Mengoptimalkan Tingkat Perkembangan Anak
Hari/Tanggal : Kamis, 27 Februari 2014
Waktu :
09.00 WIB s/d selesai
Tempat : Ruang RB4 Anak RSUP H. ADAM MALIK MEDAN
Karaketristik
Peserta :
a. Usia 4-6 tahun
b. Jumlah peserta + 5 anak dan didampingi oleh orang tua
c. Keadaan umum mulai membaik
d. Klien dapat duduk
e.
Peserta kooperatif
Metode
demonstrasi, praktik
Alat-alat
yang digunakan (Media)
Demonstrasi
Cara menyusun gambar (puzzle) dan
mewarnai gambar
- Puzzle
- Buku Gambar
- Pinsil Warna
Orientasi dan Uraian Tugas
1) Struktur organisasi
a. Leader : Riki
Candra
b. Co. Leader :
Veny Aprilia
c. Fasilitator : 1. Lusi Alfian
2. Khoiria Panjaitan
d. Observer : Bertua Andirni
2) Uraian Tugas
(a) Leader
Ø Menjelaskan
tujuan bermain
Ø Mengarahkan
proses kegiatan pada anggota kelompok
Ø Menjelaskan
aturan bermain pada anak
Ø Mengevaluasi
perasaan setelah pelaksanaan
(b) Co.Leader
Ø Membantu leader dalam mengorganisasi
anggota.
(c) Fasilitator
Ø Menyiapkan
alat-alat permainan
Ø Memberi
motivasi kepada anak untuk mendengarkan apa yang sedang dijelaskan.
Ø Mempertahankan
kehadiran anak
Ø Mencegah
gangguan/hambatan terhadap anak baik luar maupun dalam.
(d) Observer
Ø Mencatat
dan mengamati respon klien secara verbal dan non verbal.
Ø Mencatat
seluruh proses yang dikaji dan semua perubahan prilaku,
Ø Mencatat
dan mengamati peserta aktif dari program bermain
Strategi
Pelaksanaan
No
|
Terapis
|
Waktu
|
Subjek Terapi
|
1
|
Persiapan (Pra interaksi)
a. Menyiapkan ruangan
b. Menyiapkan alat-alat
c. Menyiapkan anak dan keluarga
|
5 menit
|
Ruangan, alat-alat, anak dan keluarga sudah siap
|
2
|
Pembukaan (Orientasi)
a. Mengucapkan salam
b. Memperkenalkan diri
c. Anak yang akan bermain saling
berkenalan
d. Menjelaskan kepada anak dan
keluarga maksud dan tujuan terapi bermain
|
5 menit
|
Anak dan keluarga menjawab salam, anak saling berkenalan,
anak dan keluarga memperhatikan terapis
|
3
|
Kegiatan (Kerja)
a. Menjelaskan kepada anak dan
keluarga tujuan, manfaat bermain selama perawatan, dan cara permainan yang
akan dilakukan
b. Mengajak anak untuk
mengikuti kegiatan bermain
Lomba Menyusun Gambar
Letakkan keping-keping puzzel disamping papan secara acak.
Ajaklah si anak untuk mencari pasangannya dengan meletakkan keping yang
sesuai dengan pola gambar di papan. Lanjutkan dengan keping berikutnya sampai
semua keping mendapat pasangannya. Minta anak untuk menebak apa gambar yang
terdapat di papan.
Lomba Mewarnai
Leader membagikan gambar dan pensil warna.
Minta anak untuk mewarnai sesuai
dengan gambar yang tersedia.
|
45 menit
|
Anak dan keluarga memperhatikan penjelasan terapis, anak melakukan kegiatan yang diberikan oleh
terapis, anak dan keluarga memberikan respon yang baik
|
4
|
Penutup (Terminasi)
a. Memberikan reward pada anak atas kemamuan
mengikuti kegiatan bermain sampai selesai, serta memberikan reward pada anak
turut aktif dalam lomba
meyusun gambar dan mewarnai.
b. Mengucapkan terimakasih
c. Mengucapkan salam
|
5 menit
|
Anak dan keluarga tampak senang, menjawab salam
|
Denah
bermain
![]() |
Keterangan :






EVALUASI YANG DIHARAPKAN
1)
Evaluasi
Struktur
a. Kondisi
lingkungan tenang, dilakukan ditempat tertutup dan memungkinkan klien
untuk berkonsentrasi terhadap kegiatan
b. Posisi
tempat di lantai menggunakan tikar
c. Adik-adik
sepakat untuk mengikuti kegiatan
d. Alat yang
digunakan dalam kondisi baik
e. Leader, Co-leader, Fasilitator,
observer berperan sebagaimana mestinya
2)
Evaluasi Proses
a. Leader dapat mengkoordinasi
seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.
b. Leader mampu memimpin acara.
c. Co-leader membantu
mengkoordinasi seluruh kegiatan.
d. Fasilitator
mampu memotivasi adik-adik dalam kegiatan.
e. Fasilitator
membantu leader melaksanakan kegiatan dan bertanggung jawab dalam antisipasi
masalah.
f. Observer
sebagai pengamat melaporkan hasil pengamatan kepada kelompok yang berfungsi
sebagai evaluator kelompok
g. Peserta
mengikuti kegiatan yang dilakukan dari awal hingga akhir
3)
Evaluasi
Hasil
a. Diharapkan
anak dan mampu menjelaskan,
mempraktikkan apa yang sudah diajarkan.
b. Anak mampu
mengikuti kegiatan yang dilakukan
c. Anak
menyatakan rasa senangnya
casino, poker room, blackjack, bingo
BalasHapuscasino, poker room, blackjack, bingo room, blackjack, bingo room, poker room, poker poormansguidetocasinogambling.com room, poker febcasino room, poker room, casinosites.one poker room, poker bsjeon.net room, https://vannienailor4166blog.blogspot.com/