Minggu, 23 Februari 2014

SAP TAB



 SAP TAB
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN TERAPI AKTIVITAS BERMAIN

Pokok Bahasan         : Terapi Bermain Pada Anak Di Rumah Sakit
Sub Pokok Bahasan  : Terapi Barmain Anak Usia Pre School
Tujuan                       : Mengoptimalkan Tingkat Perkembangan Anak
Hari/Tanggal             : Kamis, 27 Februari 2014
Waktu                        : 09.00 WIB s/d selesai
Tempat                       : Ruang RB4 Anak RSUP H. ADAM MALIK MEDAN
Karaketristik Peserta  :
a.     Usia 4-6 tahun
b.      Jumlah peserta + 5 anak dan didampingi oleh orang tua
c.       Keadaan umum mulai membaik
d.      Klien dapat duduk
e.       Peserta kooperatif
Metode
   demonstrasi, praktik
Alat-alat yang digunakan (Media)
Demonstrasi Cara menyusun gambar (puzzle) dan mewarnai gambar
-         Puzzle
-         Buku Gambar
-         Pinsil Warna
Orientasi dan Uraian Tugas
1)  Struktur organisasi
a. Leader                    : Riki Candra  
b. Co. Leader             : Veny Aprilia
c. Fasilitator                :  1. Lusi Alfian
2. Khoiria Panjaitan 
d. Observer                 : Bertua Andirni                     
2) Uraian Tugas
(a) Leader
Ø Menjelaskan tujuan bermain
Ø Mengarahkan proses kegiatan pada anggota kelompok
Ø Menjelaskan aturan bermain pada anak
Ø Mengevaluasi perasaan setelah pelaksanaan
(b) Co.Leader
Ø Membantu leader dalam mengorganisasi anggota.
(c) Fasilitator
Ø Menyiapkan alat-alat permainan
Ø Memberi motivasi kepada anak untuk mendengarkan apa yang sedang dijelaskan.
Ø Mempertahankan kehadiran anak
Ø Mencegah gangguan/hambatan terhadap anak baik luar maupun dalam.
           (d) Observer
Ø Mencatat dan mengamati respon klien secara verbal dan non verbal.
Ø Mencatat seluruh proses yang dikaji dan semua perubahan prilaku,
Ø Mencatat dan mengamati peserta aktif dari program bermain

Strategi Pelaksanaan
No
Terapis
Waktu
Subjek Terapi
1
Persiapan (Pra interaksi)
a.       Menyiapkan ruangan
b.      Menyiapkan alat-alat
c.       Menyiapkan anak dan keluarga
5 menit
Ruangan, alat-alat, anak dan keluarga sudah siap
2
Pembukaan (Orientasi)
a.       Mengucapkan salam
b.      Memperkenalkan diri
c.       Anak yang akan bermain saling berkenalan
d.      Menjelaskan kepada anak dan keluarga maksud dan tujuan terapi bermain
5 menit
Anak dan keluarga menjawab salam, anak saling berkenalan, anak dan keluarga memperhatikan terapis
3
Kegiatan (Kerja)
a.       Menjelaskan kepada anak dan keluarga tujuan, manfaat bermain selama perawatan, dan cara permainan yang akan dilakukan
b.      Mengajak anak untuk mengikuti kegiatan bermain

Lomba Menyusun Gambar
Letakkan keping-keping puzzel disamping papan secara acak. Ajaklah si anak untuk mencari pasangannya dengan meletakkan keping yang sesuai dengan pola gambar di papan. Lanjutkan dengan keping berikutnya sampai semua keping mendapat pasangannya. Minta anak untuk menebak apa gambar yang terdapat di papan.

Lomba Mewarnai
Leader membagikan gambar dan pensil warna.
Minta anak untuk mewarnai sesuai dengan gambar yang tersedia.
45 menit
Anak dan keluarga memperhatikan penjelasan terapis,  anak melakukan kegiatan yang diberikan oleh terapis, anak dan keluarga memberikan respon yang baik
4
Penutup (Terminasi)
a.       Memberikan reward pada anak atas kemamuan mengikuti kegiatan bermain sampai selesai, serta memberikan reward pada anak turut aktif dalam lomba meyusun gambar dan mewarnai.
b.      Mengucapkan terimakasih
c.       Mengucapkan salam
5 menit
Anak dan keluarga tampak senang, menjawab salam
Denah bermain


 



















Keterangan      :
                        : leader
                        : Co leader
                        : Peserta
                        : fasilitator 1
                        : fasilitator 2
Rounded Rectangle: O                        : Observer




EVALUASI YANG DIHARAPKAN
1)      Evaluasi Struktur
a.    Kondisi lingkungan tenang, dilakukan ditempat tertutup dan memungkinkan klien untuk berkonsentrasi terhadap kegiatan
b.   Posisi tempat di lantai menggunakan tikar
c.    Adik-adik sepakat untuk mengikuti kegiatan
d.   Alat yang digunakan dalam kondisi baik
e.    Leader, Co-leader, Fasilitator, observer berperan sebagaimana mestinya

2)      Evaluasi Proses
a.    Leader dapat mengkoordinasi seluruh kegiatan dari awal hingga akhir.
b.   Leader mampu memimpin acara.
c.    Co-leader membantu mengkoordinasi seluruh kegiatan.
d.   Fasilitator mampu memotivasi adik-adik dalam kegiatan.
e.    Fasilitator membantu leader melaksanakan kegiatan dan bertanggung jawab dalam antisipasi masalah.
f.    Observer sebagai pengamat melaporkan hasil pengamatan kepada kelompok yang berfungsi sebagai evaluator kelompok
g.   Peserta mengikuti kegiatan yang dilakukan dari awal hingga akhir
3)      Evaluasi Hasil
a.   Diharapkan anak dan  mampu  menjelaskan, mempraktikkan apa yang sudah diajarkan.
b.   Anak mampu mengikuti kegiatan yang dilakukan
c.    Anak menyatakan rasa senangnya

1 komentar:

  1. casino, poker room, blackjack, bingo
    casino, poker room, blackjack, bingo room, blackjack, bingo room, poker room, poker poormansguidetocasinogambling.com room, poker febcasino room, poker room, casinosites.one poker room, poker bsjeon.net room, https://vannienailor4166blog.blogspot.com/

    BalasHapus